Okky Agassy Firmansyah

Okky Agassy Firmansyah

Rabu, 17 Juli 2013

D3 Metrologi dan Instrumentasi ITS

tentun pada bertanya tanya apa sih jurusan ini? belajar tentang apa? dan keluarannya akan jadi apa?
hmm..pasti itu hal yang pertama kali terpikirkan dibenak kita saat membaca nama jurusan diatas. Satu hal yang perlu di ingat. METROLOGI bukan METEOROLOGI dan bukan juga METALURGI. Sering banget yang keliru tentang mengartikan nama dari jurusan ini, semoga setelah ini tidak keliru :) . METEOROLOGI adalah disiplin ilmu yang membahas tentang keadaan cuaca, iklim dan keterkaitan mengenai alam, kalau METALURGI adalah disiplin ilmu yang memperlajari tentang keterkaitan dengan material atau bahan, sedangkan METROLOGI adalah disiplin ilmu yang membahas tentang pengukuran, baik itu pengukuran massa atau pun yang lain.

berikut ini penjelasan dari website ITS : http://www.ep.its.ac.id/index.php/program-studi/d3-metrologi-dan-instrumentasi

"Program ini dibuka sejak 2011 sebagai upaya untuk memberikan kemampuan lebih bagi lulusan program DIII. Program ini merupakan program pendidikan diploma 3 bagi lulusan sekolah menengah atas (SMA/SMU) atau yang sederajat untuk dididik menjadi tenaga terampil bidang metrologi dan instrumentasi. Daya tampung Program D-III sekitar 70 orang mahasiswa. Lulusan dari program ini akan memperoleh gelar Ahli Madya (AMd)."












Diatas adalah mata kuliah yang akan dipelajari, ditekuni dan tentunya di sayangi jika kita masuk ke jurusan ini. kalau dilihat dari kurikulum diatas, jurusan ini bisa disebut "multitasking", karena disini kita akan belajar berbagai macam mata kuliah. Dari TIK, jaringan, software, hardware, programming, elektronika industri, teknik otomasi, statistik, mikroprosesor dan interfacing,  instrumentasi akustik dan vibrasi dan masih banyak lagi. 

kalau berbicara tentang prospek kerja, dikatakan alumnus jurusan D3 metrologi dan instrumentasi ini dapat bekerja di Dinas Perdagangan dan Perindustrian, dan dapat juga bekerja di lingkungan Industri. 

so tunggu apalagi? dan jurusan ini hanya terdapat 4 cabang (eh) , di ITS, ITB, UGM dan USU. kurang menarik apalagi coba ?
we wait you... :)

26 komentar:

  1. ini kampusnya d mana ya kak??

    BalasHapus
  2. di ITS , masih satu gedung dengan Teknik Fisika ITS :)

    BalasHapus
  3. bisa lanjut ke S-1 Teknik Fisika gak?

    BalasHapus
  4. bisa kok, ada program lintas jalur di ITS :)

    BalasHapus
  5. mata kuliah courses itu apa ?

    BalasHapus
  6. untuk pendaftaran nya, biasa nya kapan ya, setelah seleksi nasional atau bebarengan...??

    BalasHapus
  7. iya bisa lanjut ke program lintas jalur s1 kok

    pendaftaran biasanya akhir2 bareng sama program d3 ITS lainnya :)

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaykum.
    Kak, saya mau tanya, Prospek kerja D3 Metrologi dan Instrumentasi lebih baik mana jika dibandingkan dengan Teknik Fisika ?
    Pekerjaan apa saja yang bisa dapat gaji besar dari jurusan D3 ini dan Perusahaan besar mana saja ?
    Mohon tanggapannya ya kak.

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah saya diterima di jurusan metrologi dan instrumentasi UGM tahun 2014 jalur ujian tulis UGM. Tapi tidak saya ambil karena sudah diterima di PTN lain. Menurut saya, jurusan ini sangat bagus dan bermanfaat sekali bagi yang minat mengambil nya.. Jangan ragu ragu..

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah saya diterima di jurusan metrologi dan instrumentasi UGM tahun 2014 jalur ujian tulis UGM. Tapi tidak saya ambil karena sudah diterima di PTN lain. Menurut saya, jurusan ini sangat bagus dan bermanfaat sekali bagi yang minat mengambil nya.. Jangan ragu ragu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga jalan yang kita pilih, juga merupakan pilihan Allah untuk kita. :)) semoga sukses :))

      Hapus
  12. min kira-kira peminatnya D3 metrologi ini berapa yaa ?

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. saya alumni D3 metrologi USU. saat ini saya belum bekerja d bidang metrologi. krna saya punya usaha sendiri. peluang di metrologi sangat luas teman2 sekalian. coba anda buka uu no 23 tahun 2013 ttg metrologi. dmn salah satu isi ya adalah mewajibkan setiap kabupaten/kota mendirikan kantor UPT metrologi. saat indonesia hnya memiliki kurng lebih 65 UPT dan UPTD metrologi. maka saya yakin peluang besar bagi jurusan ini. sementara total kab kota di indonesia = 514. jika di kali 4 orang sj per kantor y maka = 514 x 4 2052 org. sementara total lulusan pertahun dari 4 univ (usu,ugm,its,itb) 4 x 80= 240 pertahun...
    maaf jika ada kesalahan
    semoga bermanfaat.

    terimakasih

    BalasHapus
  16. D3 otomasi sistem instrumentasi unair telah hadir sejak tahun 2003

    BalasHapus
  17. Jangan kira unair gak ada tekniknya.

    BalasHapus
  18. Jangan kira unair gak ada tekniknya.

    BalasHapus
  19. Mlm untuk melanjutkan S1 sebaiknya ambil jurusan yg sama atau lain lulus tahun 2016 bln februari dari metrologi dan instrumentasi Ugm mohon info atau apabila kerja selain Pns yg bumn perusahaan apa

    BalasHapus
  20. Mlm untuk melanjutkan S1 sebaiknya ambil jurusan yg sama atau lain lulus tahun 2016 bln februari dari metrologi dan instrumentasi Ugm mohon info atau apabila kerja selain Pns yg bumn perusahaan apa

    BalasHapus
  21. jika misalnya saya sudah lulus di jurusan metrologi ini, jika saya ingin jadi pns harus ikut cpns lagi atau bagaimana? makasih

    BalasHapus
  22. maaf jika d3nya diITB bisa ngambil S1 diits?

    BalasHapus
  23. Ini harus lulusan jurusan ipa ya min ?

    BalasHapus
  24. ka, punya contoh soal ujian buat masuk metrologi dan instrumentasi D3 itb ga?

    BalasHapus