Okky Agassy Firmansyah

Okky Agassy Firmansyah

Minggu, 16 Desember 2012

A BLEND OF ART, SCIENCE, AND CULTURE


A BLEND OF ART, SCIENCE, AND CULTURE
Tema yang diangkat untuk ITS EXPO 2012 adalah A Blend of art, science and culture yang berarti  sebuah perpaduan seni, ilmu pengetahuan dan budaya. Tema kali ini condong ke dalam kegiatan-kegiatan yang ber-unsur seni, ilmu pengetahuan, dan budaya. Seperti yang sudah diketahui, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya merupakan Institut yang berbasis pada ilmu pengetahuan bidang Teknik. Terlepas dari hal itu, bidang keteknikan juga membutuhkan yang namanya seni. Karena tanpa seni, kreativitas dan pola berfikir orang teknik akan cendenrung monotone dan stagnan. Padahal orang teknik di tuntut untuk melakukan sesuatu pekerjaan, misalnya design prototype mobil irit dengan dikejar deadline dan tepatnya kegunaan produk tersebut. Maka dari itu, seni dalam teknik itu juga berpengaruh besar. Dan budaya merupakan aspek yang tidak boleh ditinggalkan dalam pembangunan negeri ini.
Suatu ungkapan dari jiwa manusia berupa suatu hasil yang memuaskan pikiran dan hati bagi orang merupakan definisi dari kata seni. Seni bisa diwujudkan dengan lukisan, musik, benda ukir, hasil karya, baik dari barang baru maupun barang bekas. Terkadang seni tersebut tidak dapat dimengerti, misalnya lukisan abstrak. Menurut para seniman, lukisan abstrak merupakan hal yang tak ternilai, tapi bagi orang awam itu hanyalah coretan-coretan yang tak berpola. Dalam persepsi orang teknik, seni terletak pada bagaimana membuat produk atau alat yang tepat guna dan tidak banyak menimbulkan dampak negatif. Seperti yang dibahas diatas, contohnya adalah  design prototype mobil irit. Design ini dibuat dengan pemilihan material yang kuat, ringan, dan tidak mengganggu jalannya mobil ini, serta bentuknya tidak seperti mobil-mobil biasanya, karena mobil ini diposisikan sebagai mobil irit. Misalnya lagi yaitu teknik arsiterktur, bukan hanya tentang ketepatan pemilihan material dan perhitungan, tetapi aspek seni juga sangat penting dalam pembangunan-pembangunan yang dilakukan oleh para arsitektur. Oleh karena itu, seni sangat diperlukan oleh orang teknik.
Ilmu Pengetahuan bisa diartikan sebagai dasar dalam mengembangkan sesuatu sehingga menjadi bermanfaat bagi khalayak umum. Di ITS, ilmu pengetahuan yang banyak diterapkan adalah IPA, seperti matematika, fisika, dan biologi. Ilmu- ilmu tersebut dipelajari dan diterapkan dalam bidang ke-teknikan. Misal teknik mesin, menggunakan prinsip dasar dari fisika dan matematika. Di ITS terbagi dalam 5 Fakultas, yaitu Fakultas Teknologi Industri (FTI) yang mempelajari tentang bidang teknik yang berhubungan dengan dunia industri, Fakultas Teknik Sipil dan perencanaan (FTSP) yang mempelajari tentang bangunan, Fakultas Teknologi Informasi (FTif) yang mempelajari tentang dunia informasi dan komputasi, Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) yang mempelajari penerapan teknologi di bidang kelautan, dan yang terakhir adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yang mempelajari ilmu pasti. Science merupakan hal penting dalam pembangunan negeri dan para generasi muda yang akan memegang andil di masa mendatang.
Sedangkan budaya adalah aspek yang melekat pada suatu masyarakat. Biasanya terdapat beberapa faktor yang tidak bisa dilepaskan dari suatu masyarakat tersebut. Misalnya Indonesia. Hal yang tidak bisa dirubah di Indonesia adalah tentang sopan santun dan kebudayaan-kebudayaan cirri khas daerah. Dalam pembangunan Indonesia, sudah banyak budaya asli yang mulai ditinggalkan. Padahal budaya adalah aspek penting yang tidak boleh hilang, karena budaya merupakan identitas yang ciri dari suatu keberadaan.
Perpaduan antara seni, ilmu pengetahuan dan budaya merupakan suatu visi dimana saat kita melakukan pembangunan bangsa ini, kita menerapkan ketiga hal tersebut. Banyak dampak positifnya, salah satunya adalah tidak hilangnya identitas Bangsa Indonesia dan bertambahnya daya guna dari suatu produk tersebut. Dari mulai hal yang terkecil, di ITS ini, kita belajar membangun negeri dengan ketiga aspek tersebut. Melalui event ITS EXPO 2013 dengan tema A Blend of art, science and culture kita yang notabene sebagai pelopor perubahan bangsa akan mengawali langkah untuk bangsa.



Nama   :           Okky Agassy Firmansyah
NRP    :           2412031047



Tidak ada komentar:

Posting Komentar