Okky Agassy Firmansyah

Okky Agassy Firmansyah

Rabu, 17 Oktober 2012

Satu Kursi di PTN ini kudapatkan dengan perjuangan, aku pernah Gagal dan aku berhasil !

alhamdullilah...setelah lama absen menulis akhirnya hari ini masih bisa meluangkan waktu untuk menshare penglaman ini..:)

Tentunya setiap jiwa yang bersekolah ingin melanjutkan pendidikannya di jenjeng lebih tinggi.Dalam konteks ini pastinya berbicara dari jenjang SMA ke PTN impian. Alhamdullilah dari dini sudah di beri Rahmat olehNYA dalam mencari batu pijakan yaitu bersekolah di SMA NEGERI 2 NGANJUK.Tentunya kalian (adek-adek kelas) juga patut bangga akan Rahmat yang diberikan ini,walaupun sering demikian yang tak sadari..

Pastinya,seperti biasa saat kelas 3 SMA,kehidupan mulai berubah 180 derajat busur timur,yang mulanya aktifis di sekolah baik OSIS dan EKSTRA sekarang sudah menjadi "Petapa Ilmu " yang berusaha untuk memecahkan kepala demi menyandang predikat LULUS plus MAHASISWA BARU di PTN yang diinginkan. Dulu saya menghuni bangku di IPA 4 SMADA atau lebih akrab dipanggil LAZIEM ( bukan bermaksud arogansi atau idealisme )bersama teman-teman hebat lainnya yang berjumlah 36 calon mahasiswa (penuh optimistis). Tentunya atmosfir kelas 3 itu berbeda dari atmosfir kelas 2 ataupun kelas 3 smp.Banyak hal yang berubah,mulai dari Guru-Guru yang mengajar ,suasana tugas,kuis maupun ulangan. Mungkin lebih bisa dikatakan "keseriusan belajar" terdapat pada titik potong ini (bagi beberapa siswa yang merasa).Sekarang yang biasanya pulang sore karena kegiatan beralih alibi menjadi pulang sore karena bimbingan belajar.

Guru yang mengajar di kelas 3 merupakan Guru yang telah dipilih dan di stempel dengan cap "Proffesional teacher",entah kalian para pembaca setuju atau tidak,yang jelas yang kurasakan dulu demikian adanya.Dan beda yang lebih mencolok ialah Guru disini berperan sebagai "double agent" yaitu pengajar dan motivator.tentunya kalian punya guru favorit bukan???siapa beliau??tidak akan saya sebutkan ,karena beliau orang nya "terlanjur" terkenal jadi pasti kalian sudah tahu..:). saya rasa cukup untuk muqodimahnya..:)

Dan sekarang saya akan menshare pengalaman tentang satu kursi PTN untuk mimpiku.

Yang pasti angan-angan itu belum ada dibenak "mau kuliah dimana ini????".Saat bertanya bapak dan ibu tentang masalah ini,beliau hanya mendukung saja terhadap pilihan ku.

Akhirnya kuputuskan untuk mengejar KEDINASAN karena perhitungan faktor ekonomi dan cepat mendapat pekerjaan.Bapak dan Ibu merestui hal ini,tapi dengan satu syarat..beliau kurang setuju terhadap kedinasan semimiliter,yahh..pastilah namanya orang tua tidak ingin terjadi apa-apa terhadap anaknya.Untuk pendapat Bapak,beliau dari awal sini sudah menasehati supaya ambil di ITS saja,karena Dekat,dan notabene Institut terkemuka

mungkin jika aku critakan dengan detail,pasti akan membosankan...maka akan kucoba untuk menbuat LIST dan sedikit keterangan.

1.Presiden University
  saat itu brosur ini dibawa oleh teman dari bapak, yaitu seorang CEO dari salah satu koprasi di nganjuk dan juga seorang dosen di IKIP Nganjuk, tanpa pikir panjang aku langsung  daftar online pada malam itu juga, karena di sbrosur itu tertera fasilitas dan kenggulan jika kuliah disitu, salah satunya beasiswa dan ikatan kerja pada perusahaan. Keesokan harinya saat dikelas dan pada itu juga semua berkas sudah siap POS ,tiba-tiba oleh Ivan diberitahukan beberapa hal tentang Universitas ini. Yahh,karena perhitungan satu dan lain hal,tentunya faktor dana akhirnya kuputuskan untuk mengundurkan diri.

2. PLN kerjasama POLINES
  ini terdapat pada bulan Februari,bulan yang sangat krusial dalam belajar.Aku putuskan untuk ikut ini karena keinginan mencoba dan dukungan orang tua. Mungkin karena nggak belajar sungguh-sungguh,kaget dengan pesaing sebanyak 1200 orang yang memperebutkan 47 kursi ya akhirnya jatuh di tahap akademik. Tak apa,tak ada penyesalan walaupun harus berkelana dengan kereta menuju semarang.




3.STIN (Intelejen Negara)
  untuk ini kegagalan terletak pada proses perekrutan di BK dengan cara pengumpulan rapor. Saat itu kesalahan ku yaitu cuma mengumpulkan rapor semester 1-3,sedangkan yang diminta adalah 1-5. yah tak apa,proses butuh ketelitian.

4.SNMPTN UNDANGAN
  Jalur ini sangat krusial,dengan syarat2 yang tiap tahunnya berubah,dan juga sering kali dihiasi pertengkaran,iri,kecemburuan sosial bahkan hingga air mata karena perebutan jatah undangan yang di patok tiap-tiap sekolah. SNMPTN pertama ini aku memilih S1 Sistem informasi ITS dan S1 Desain Produk Industri ITS. entah apa yang terjadi,yang jelass ini belum rejeki untukku.








5.PMDK PENS
  Entah apa yang aku pikirkan,jelasnnya aku penuh optimis dalam mengikuti jalur ini ,karena masuk dengan hanya menggunakan rapor.Di saat ini Ibu menganjurkan aku untuk menurunkan pilihan (memilih selain prodi komputer) karena peminatnya banyak,tapi karena aku masih kokoh dengan pilihan,maka aku putuskan untuk memilih prodi d4 Teknik Informatika.Memang nyata hasilnya...Restu Ibu itu segalanya,jadi ya apa boleh buat,PENS tidak memungut aku untuk menjadi Maba PENS 12.



6.AMG (Akademi Meteorologi dan Geofisika)
  Dan tetap mengejar apa yang disebut dengan KEDINASAN.Kali ini berangkat dengan Shanty Agustin (sekarang belajar  di Akademi Pimpinan Perusahaan),Putri Priyankka (d3 KOmputer sistem Informasi UGM) dan Herlinda Devy (Poltekkes Kemenkes SBY) pagi-pagi membolos jam pelajaran,dan berangkat untuk mendaftar di surabaya dengan menggunakan BUS. Untuk proses mendaftar saja banyak rintangan yang harus dilalui(harap maklum pertama kali menyusuri kota orang),bahkan oleh putri priyannka pengalaman mendaftar ini dikisahkan dalam akun facebooknya. Untuk Tes akademiknya dilaksanakan di GOR DELTA sidoarjo,dan berangkatnya kami tidak bebarengan lagi,aku diantar oleh bapak :) dipagi hari mruput dari kota nganjuk-sidoarjo Subhanallah...
Tapi memang takdir tidak bisa disangkal,kami berempat belum diterima.




7.PLN lulusan SMA langsung kerja Penempatan wilayah Jatim
  orang tua mana yang tak bangga saat anaknya setlah lulus SMA langsung diterima kerja di BUMN PLN.Ya dengan semangat itu aku mengikuti program ini .tes awal berlangsung di UMM Malang .mungkin karena kurang belajar,dan belum serius,pada tahap ini aku sudah terbuang.Peminatnya terbilang "wow" karena mencapai 4000 orang dan yang akan diterima adalah 100 orang saja.Alhamdullilah ada teman ku yang saat ini berhasil di jalur ini,yaitu TEGAR WAHYU PAMUNGKAS.selamat kawan :)




8.PLN Kerjasama UNDIP Semarang
  untuk kedua kalinya aku akan mencoba keberuntungan di kota semarang ini.Tapi pada saat situasi ini keadaan hati benar-benar kacau,bingung untuk di coba atau tidak,dan Jelasnya SANGAT BIMBANG karena faktor pernah gagal di kerjasama POLINES.akhirnya dengan segala kegalauan kuberanikan diri untuk mendaftar di UNDIP. Wallahua'lam,ternyata tanggal tes akademiknya itu beda 1 hari setelah tes akademik PLN lulusan SMA langsung kerja Penempatan wilayah Jatim.Jadi setelah dari Malang (dengan jarak 4 jam dari nganjuk) langsung cuss ke semarang (dengan jarak 7 jam dari nganjuk).Itu hanya permisalan umpama dulu aku jadi mengikuti UNDIP PLN,karena saat aku pulang dari Malang,Types langsung juga menghampiri ku.ya,mau tak mau harus kurelakan UNDIP PLN ini demi kesehatanku.



9.PLN kerjasama POLINEMA Malang
  PLN,Menjadi direktur PLN itu cita-cita yang pernah ku tuliskan dalam catatan kehidupan ku. Saat ini aku sudah siap tempur dalam menghadapi Tes Akademik.




9.SNMPTN TULIS
  SNMPTN TULIS disini aku analogikan sebagai ujung tombak/Final test untuk gerbang PTN Indonesia.Disini akan dibuktikan,mana siswa yang mampu mengerjakan dan mana siswa yang hanya berpura-pura "numpang nama" di SMA. Pada kali ini aku tetap bersikukuh untuk mengejar S1 Sistem Informasi ITS dan untuk pilihan kedua aku memutuskan mengambil S1 Teknik Kelautan ITS.Tempat tes ku berada di region surabaya,tepatnya pada gedung STIKOM kedung baruk.Dan sayang sekali....inipun juga tak meniggalkan keberhasilan untuk aku.padahal aku sudah mengikuti bimbingan intensif 2 bulan dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi SNMPTN TULIS.




10.PLN kerjasama PLN Polinema tahap 2 (PSIKOLOGI)
   Hari terakhir SNMPTN Tulis,berarti hari pengumuman PLN POLINEMA Tes akademik.Alhamdullilah Ya Rabb...dari 1500 orang,aku berhasil masuk 250 orang yang lulus Tes akademik dengan Peringkat 31. Tentunya ini baruu Tahap pertama,masih panjang untuk menjadi maba PLN POLINEMA.Dan langsung seketika aku pulang ke Nganjuk untuk mengabarkan berita bahagia ini kepada bapak dan ibu. keesokan harinya,saat sore akupun juga langsung berangkat ke Malang guna mengikuti tes Psikologi. yahh yahh dan yahh...kali ini harus aku belajar,jangan cepat puas terhadap apa yang kita peroleh dan itu belum pasti. SATU hal yang perlu di Share.waktu tes PSIKOLOGI ,harap anda dalam keadaan FIT dan tidak CAPEK.aku tidak lolos dalam psikologi ini.

Sedih,Hancur dan Putus asa,pastinya itu sudah pernah "berhasil"merayuku. Entahlah,pastinya kalian juga tahu,apa yang akan kalian rasakan saat sudah SEPULUH KALI mencoba bertarung mencari sekolah dan BELUM ada hasilnya.


10.ATKP Surabaya
   Kedinasan dan Langsung kerja,itulah pendapat ibu ku mengenai ATKP.Dan Juga biaya murah apalagi aku sangat minat akan dunia semi militer.Tes akademik ini diselenggarakan setelah 1 bulan usainya SNMPTN TULIS.Tes akademik diselenggarkan di Kampus ATKP Surabaya di Jl.Jemur Andayani. Sebenanya soal-soal Tes akademik ini bisa dibilang SULIT penih dengan logikan dan perhitungan tingkat lanjut. Subhanallah.Alhamdullilah,dan memberitahukan kabar gembira ini kepada ibu "Buk,aku lulus Tes tahap Pertama ATKP surabaya dari 2000 orang terseleksi 1000 orang" :)



11.UM PENS
  Kali ini tetap berusaha untuk mencoba mendapatkan "kursi" di PTN. Dengan segala berat hati,akhirnya aku menuruti kata Ibu,yaitu menurunkan Passing Grade Prodi yang aku pilih. D4 Teknik Telekomunikasi dan D3 Teknik elektro Industri.Penuh keyakinan pastinya karena aku mendapat Restu dari Ibu 100%. Memang benar adanya,kita manusia itu diciptakan untuk berencana,dan SANG PENCIPTA lah yang menentukan segalanya.UM PENS TIDAK DITERIMA.



12.ATKP surabaya dan PIP semarang tahap 2
   maaf lupa sebelumnya aku belum menyebutkan bahwa aku juga lolos seleksi administrasi PMDK PRESTASI PIP semarang. jadi,aku bisa memilih akan mengikuti ATKP atau PIP. KEduanya sama-sama bagus,baik dalam segi biaya,peluang kerja dan kehidupan kampus. Tapi oleh bapak dianjurkan untuk mengambil yang PIP semarang.padahal minat dari kelas 3 aawal adalah menjadi taruna ATKP surabaya.Apaboleh buat,aku harus menunaikan perintah dari orang tuaku ini.Untuk yang ke3 kalinya aku menginjakkan kaki di kota semarang guna berusaha memperoleh tempat untuk belajar.Butuh waktu 1 minggu untuk melalui TES tahap 2 ini. Tesnya meliputi wawancara,kesamaptaan,kesehatan,dan psikologi.




13.D3 Sistem Informasi Geografi dan Pengindraan Jauh UGM
   Setelah menjalani tes tahap 2 di PIP SEMARANG,aku puuskan untuk tidak pulang ke Nganjuk,tapi langsung ke Jogja untuk melakoni Tes D3 UGM Gelombang 2.Sebenarnya ini tiada keniatan dari sendiri.Pertamanya dapat info ini dar sahabat ku,yaitu PUTRI PRIYANKKA yang entah kenapa pada saa itu main ke rumah dan ngobrol dengan Ibu. Karena si putri itu langsung diterima di D3 KOMSI UGM dengan hanya sekali tes,ibu jadi bersemangat untuk mendukung ku,apalagi sampai detik ini aku belum mendapatkan tempat untuk belajar.Untuk tes akademik sih hitungannya bisa dikatakan sulit,tapi alhamdulllah aku bisa mengerjakannya.



14.D3 METROLOGI DAN INSTRUMENTASI ITS
   Tak pernah sekali pun untuk mencoba berjuang di ITS lagi,karena sudah "phobia" dengan 4 kali kegagalan sebelumnya. Di saat baru beberapa jam sampai di rumah sehabis dari jogja,bapak bercerita bahwa beliau kemarin sore melihat iklan di TV bahwa ITS masih membuka pendaftaran. yang jelas perasaan ku saat itu bagaikan kertas yang sudah 8 kali di cuci,bingung mau jawab apa kepada bapak. MALU,SUNGKAN, ya itulah beberapa yang muncul karena sampai detik ini aku belum juga bisa berkuliah.akhirnya setelah memusyawarahkan dengan bapak dan ibu,aku keesoka harinya mendaftar dengan mencari pinjaman uang dari nenek ku. ALibi ak untuk mengikuti ini yaitu karena untuk jaga-jaga beberapa pilihan sebelumnya (PIP dan UGM) tidak masuk. Kalau pilihan program studi D3 METROLOGI DAN INSTRUMENTASI ITS jujur aku hanya asal pilih mana yang sekirannya peminatnya sedikit. Alhamdullilahirobilalamin.....pengumuman Tes akademik ini hanya berselang waktu 3 hari dari jadwal tes akademik. Subhanallah...betapa bahagianya aku mendapati laptop ku terdapat tulisan ANDA DITERIMA DI PRODI METROLOGI DAN INSTRUMENTASI ITS.



saat itu  juga aku langsung sujud syukur serta menelpon ibu di nganjuk. Betaaaapaa bahagianya ibu mendengar kabar dari aku ini :).

Selang dua hari kemudian pengumuman D3 Sistem Informasi Geografi dan Pengindraan Jauh UGM juga pengumuman,,apa yang hendak dikata jika pengumuman juga berbunyi SELAMAT ANDA DITERIMA.
sungguh luar biasa dalam penantian panjang ini,kerja kerasku terbayar oleh rezeki dari NYA.
namanya manusia,suda diberi rezeki masih saja bingung karena harus menentukan universitas mana yang harus aku pilih.Dan menurut hasil musyawarah keluarga,akhirnya aku diputuskan untuk kulian di ITS saja. banyak faktor yang mendkung hal ini,antara lain faktor jarak,ekonomi dan kesehatan. Sekarang giliran menunggu pengumuman  dari PIP semarang. IBU sering bertnya sejak saat ini,"pilih PIP atau ITS ky?".aku pun diam karena aku juga tak tau mana yang harus aku pilih.

Satu miinggu kemudian,pengumuman PIP semarang berlangsung,dan pada saat itu pula aku sedang menjalani serangkaian acara IPITS di ITS. mungkin untuk saat ini perkataan "NASEHAT ORANG TUA ITU SEGLANYA" sangat berlaku keras. PIP TIDAK MENCANTUMKAN NAMAKU DI DAFTAR PESERTA YANG LOLOS.

yah,itulah sedikit kutipan dari perjuangan ku dalam meraih SATU KURSI PTN UNTUK MIMPIKU.Jelasnya banyak sekali hikmah dalam cerita diatas,antara lain

1.jangan asal mencoba jika belum ada persiapkan
2.persiapkan segala sesuatu yang dapat menunjang saat TES
3.pertimbangkan tanggal TES dengan jadwal TES yang akan kalian ikuti
4.JANGAN MUDAH PUTUS ASA
5.PATUHILAH APA NASEHAT ORANG TUA
6.Rencana ALLAH selalu indah pada WAKTUNYA
7. Sudahlah, jangan mengejar "satu jurusan" apabila memang belum bisa, belajarlah untuk mengurangi ego dan mengoreksi kemampuan kita sejauh mana, apabila kemempuan kita rendah, jangan tterlalu memaksa unutk mengambil sesuatu yang tinggi

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula   kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui."
QS.AL BAQARAH : 216

-terima kasih-
Agassy '12

4 komentar:

  1. assalamualikum wr wb,
    perkenalkan saya anita dari d3 instrumentasi unair 2011
    saya,mo tanya di ITS untuk alih jenjang d3 instrumentasi apakah bisa lanjut jenjang S1 elektro?
    terimakasih :)

    BalasHapus
  2. Wow... salut sama kakak. Aku jadi ngerasa minder. Soalnya aku masih coba dikit udah ngerasa capek.
    Aku lulusan SMA tahun 2014. Aku juga sama kakak, pengen banget masuk PTN idaman. Aku pengen banget di ITS Teknik Informatika, tapi nggak ketrima. Aku juga udah coba tes dimana mana, ada 9 kali tes deh kayanya.
    Sampe hari ini aku belum juga dapet sekolah. Masih nunggu 2 pengumuman. Dan nunggu hari buat 2 tes lagi (5 kalo slah satu pengumuman ketrima).
    Makasih banget kak postingan dan sarannya, bikin aku semangat lagi. Maaf curhat :D

    BalasHapus
  3. Kak mau tanya, setelah ada pengumuman diterimanya d3 ITS ada pemeriksaan kesehatan, tes bahasa inggris, TPA.
    apakah di tes ketiganya ada eliminasi lagi. Atau kita diterima berdasarkan pengumuman awal.
    terima kasih, mohon kesediaannya untuk menjawab.

    BalasHapus
  4. unutk saudari galuh fitri, unutk pemeriksaan TPA, kesehatan hanyalah untuk databse di birokrasi, tidak ada fungsi eleminasi lagi

    BalasHapus